KAROSERI ADIPUTRO
Perusahaan karoseri ini mulai dirintis oleh kaka beradik pada tahun 1973 di Malang Jawa timur. Melihat animo permintaan mobil penumpang pada waktu itu, kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick up menjadi mobil penumpang. Strategi yang mereka lakukan mendapat respon yang cukup baik, hingga 2 tahun kemudian Adi Putro resmi berdiri.
Pada tahun 1982 Adi Putro mulai investasi membeli mesin press body ( yang pada saat itu di kenal istilah full pressed body). Demi memperbaiki kualitas produknya 4 tahun kemudian Adi Putro mulai menggunakan sistem cat OVEN. Pada tahun 1989 Adi Putro melakukan ekspansi dengan mendirikan kantor pemasaran di Jakarta dan sebuah pabrik perakitan di Bekasi.
Pada 1994 Adi Putro mulai melakukan kerja sama dengan produsen bis asal Jerman ( Mercedes Benz ), melalui kerjasama ini para tenaga ahli Adi Putro di kirim ke Jerman untuk mempelajari standar perakitan yang bertaraf internasional. Dengan kerjasama ini membuka peluang Adi Putro untuk menggapai pasar asia tenggara. Tahun 1995 Adi Putro mulai memproduksi perakitan bus..
Pada waktu itu pesaing terkuat Adi Putro yakni karoseri Morodadi Prima.... Pada awalnya pabrik Adi Putro hanya memiliki kapasitas hanya untuk merakit satu bus saja. Dan PO pertama yang menjadi pelanggan Adi putro adalah PO. Safari Dharma Raya .
Body yang di bikin pertama kali oleh Adi Putro untuk SDR adalah Dream Liner...
Body kedua yang di buat adalah Tourismo
Body selanjutnya.... Setra tanpa selendang #CMIIW
Terus.... Body Batch....
Selanjtnya..... Neoplan... Model ini mendapat liusensi dari Jerman, Neoplan Made in Adi Putro.. yang sudah menggunakan chasis om366LA yang udah menggunakan airsus...ceeeess...ceeeess.....
Lanjuuut.... adalah Van Hool.... pada masanya banyak digunakan untuk chasis MAN dan Scania..
Model - model di atas emang telah melewati masa keemasan di jamannya,akan tetapi masih sangat di gemari dan mungkin di anggap bernialai sejarah...
Next adalah model body Sprinter...
Berikut adalah Travego... di produksi kurang lebih tahun 2002
Berikutnya adalah Setra... Body ini menjadi favorit operator bus pada saat itu , body ini juga yang membuat nama Adi Putro semakin melambung dan di kenal banyak orang... Setra ada 2 : Old Setra dan New Setra..
Berikutnya adalah new travego...
kemudian...adalah Royal travego alias Jetbus... di bagi dua : biasa dan High Deck... perbedaanya terletak pada tinggi lantai dengan roof. yang High Deck lebih tinggi 20 cm..
Untuk body Jetbus HD alias Royal Travego ini mengalami beberapa perubaha minor change...tetapi akan di bahas lain waktu...
Sebenarnya masih ada lagi produk Adi Putro yang di launching pada IIMS 2011 kemarin tapi kayaknya masih belum di produksi... kayak begini penampakannya....
Adi putro juga memproduksi perakitan body buat medium bus juga micro bus macam Isuzu Elf dan Hino Dutro shuttle bus...
Pada tahun 1982 Adi Putro mulai investasi membeli mesin press body ( yang pada saat itu di kenal istilah full pressed body). Demi memperbaiki kualitas produknya 4 tahun kemudian Adi Putro mulai menggunakan sistem cat OVEN. Pada tahun 1989 Adi Putro melakukan ekspansi dengan mendirikan kantor pemasaran di Jakarta dan sebuah pabrik perakitan di Bekasi.
Pada 1994 Adi Putro mulai melakukan kerja sama dengan produsen bis asal Jerman ( Mercedes Benz ), melalui kerjasama ini para tenaga ahli Adi Putro di kirim ke Jerman untuk mempelajari standar perakitan yang bertaraf internasional. Dengan kerjasama ini membuka peluang Adi Putro untuk menggapai pasar asia tenggara. Tahun 1995 Adi Putro mulai memproduksi perakitan bus..
Pada waktu itu pesaing terkuat Adi Putro yakni karoseri Morodadi Prima.... Pada awalnya pabrik Adi Putro hanya memiliki kapasitas hanya untuk merakit satu bus saja. Dan PO pertama yang menjadi pelanggan Adi putro adalah PO. Safari Dharma Raya .
Body yang di bikin pertama kali oleh Adi Putro untuk SDR adalah Dream Liner...
Body kedua yang di buat adalah Tourismo
tourismo AP (www.safaridharmaraya.com) |
Body selanjutnya.... Setra tanpa selendang #CMIIW
setra tanpa selendang (@bmcjatim) |
batch (@bmcjatim) |
Selanjtnya..... Neoplan... Model ini mendapat liusensi dari Jerman, Neoplan Made in Adi Putro.. yang sudah menggunakan chasis om366LA yang udah menggunakan airsus...ceeeess...ceeeess.....
(www.safaridharmaraya.com) |
Lanjuuut.... adalah Van Hool.... pada masanya banyak digunakan untuk chasis MAN dan Scania..
(www.bismania.com) |
Model - model di atas emang telah melewati masa keemasan di jamannya,akan tetapi masih sangat di gemari dan mungkin di anggap bernialai sejarah...
Next adalah model body Sprinter...
Berikut adalah Travego... di produksi kurang lebih tahun 2002
(www.safaridharmaraya) |
old setra (flickr.com) |
new setra lampu biasa (www.safaridharmaraya.com) |
new travego (www.safaridharmaraya.com) |
new marcopolo (www.bismania.com) |
Jetbus (ww.safaridharmaraya.com) |
Jetbus High Deck |
Untuk body Jetbus HD alias Royal Travego ini mengalami beberapa perubaha minor change...tetapi akan di bahas lain waktu...
Sebenarnya masih ada lagi produk Adi Putro yang di launching pada IIMS 2011 kemarin tapi kayaknya masih belum di produksi... kayak begini penampakannya....
Adi putro juga memproduksi perakitan body buat medium bus juga micro bus macam Isuzu Elf dan Hino Dutro shuttle bus...
medium bus AP (foto dari group FB Blue Star Community) |
Shuttle bus karya AP (www.isuzugallery.com) |
0 komentar:
Posting Komentar